Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 3 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2015

Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang

Martaleni Martaleni (Unknown)
Ryke Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Disadari bahwa sasaran suatu organisasi akan dapat dicapai bila organisasi tersebut dapat memuaskan pelangganya. Kepuasan pelanggan merupakan suasana hati seseorang setelah membandingkan kenyataan yang dialami dengan harapan yang ditetapkan. Kualitas layanan yang deberikan perusahaan atau organisasi merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Biro Pusat statistik/ BPS kota Malang dengan tujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh dimensi kualitas layanan yang terdiri dari kehandalan(reliability), daya tanggap(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangibles) terhadap kepuasan penguna perpustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung perpustakaan yang bertujuan untuk menggunakan layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel sebanyak 97 responden diambil dengan metode insidental sampling, dan data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan Analisis Regresi Linier Berganda. Temuan dari penelitian ini, menunjukkan bahwa kepuasan pengguna perpustakaan BPS Kota Malang dipengaruhi oleh kualitas layanan yang terdiri dari kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangibles) baik secara parsial maupun secara simultan. Namun, variabel empati (empathy) secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Key word : Kualitas layanan, Perpustakaan BPS Kota Malang, kepuasan pengguna

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan ...