Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2016

Korelasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dengan Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik Khas Surabaya di Kedung Asem Surabaya

Aris Armuninggar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Indonesia memiliki predikat sebagai negara sedang berkembang yang telah lama disandangnya. Hal tersebut sebenarnya berangsur angsur mengalami perbaikan dengan mulai menggeliatnya minat masyarakat untuk berwirausaha. Lingkup usaha yang dilakukan memang beragam, namun yang paling menjamur adalah jenis UKM. Hal ini terbukti bahwa Indonesia merupakan negara dengan UKM paling optimistis ketiga di Asia, setelahIndia dan Vietnam, untuk menambah modal usaha pada semester 11/2014. DiIndonesia, jumlah UKM hingga 2014 mencapai 47 juta unit lebih. Jumlahtersebut bukan merupakan angka yang kecil bagi kita. Hal itu mencerminkanbahwa masyarakat kecil di Indonesia memiliki keinginan untuk berbisnis yang sangat besar. Salah bidang usaha yang sedang naik daun adalah batik. Hal ini dikarenakan beragamnya motif yan dimliki oleh masing masing daerah berbeda. Ini mendorong daya kreatifitas para pengrajin batik untuk mengembangkan usahanya. Begitu juga UKM batik yang mengusung batik motIf khas Surabaya di Wilayah Kedung Asem kota Surabaya. Namun, salah satu kendala pada UKM tak terkecuali pengusaha batik adalah kepedulian mereka pada upaya penyelamatan diri dari sisi hukum. Diantaranya tentang HAKI, yang sebenarnya menjadi suatu hal yang penting jika mereka ingin bersaing di kancah yang lebih luas. Kata kunci : HAKI, Perlindungan hukum, UKM batik khas Surabaya

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan ...