Jurnal Pariwisata
Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Pariwisata

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA DALAM PERSEPSI WISATAWAN DI MUSEUM LA GALIGO KOTA MAKASSAR

Anni Nurinsani (Politeknik Pariwisata Makasar)
Windra Aini (Politeknik Pariwisata Makasar)
Suardi Suardi (Politeknik Pariwisata Makasar)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

ABSTRAK Museum La Galigo merupakan salah satu daya tarik wisata yang menarik dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Makassar. Peran pramuwisata menjadi prioritas di kawasan tersebut dalam memberikan pelayanan, karena penilaian wisatawan terhadap suatu destinasi wisata dinilai dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh pramuwisata kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kualitas pelayanan pramuwisata di museum La Galigo Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survey, populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Museum La Galigo Kota Makassar, analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pramuwisata kepada wisatawan yang berkunjung di Museum La Galigo Kota Makassar termasuk dalam kategori baik. Hal itu dilihat dari 13 pernyataan yang terdapat dalam kuesioner penelitian dan telah di isi oleh 100 responden Kata Kunci: kualitas pelayayan, pramuwisata, persepsi, wisatawan ABSTRACT La Galigo Museum is one of the interesting tourist attractions visited by tourists visiting Makassar City. The role of guides becomes a priority in the region in providing services, because tourist ratings of a tourist destination are judged by the quality of services provided by guides to tourists. This study aims to determine the perception of tourists on the quality of tour guide services at La Galigo museum, Makassar city. This research method is a quantitative method using survey techniques, the population in this study are tourists visiting the La Galigo Museum in Makassar City, data analysis used is descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that the quality of tour guide services to tourists visiting the La Galigo Museum in Makassar City is included in both categories. This was seen from the 13 statements contained in the research questionnaire and were filled out by 100 respondents. Keywords: Service quality, Guides, Perceptions, Tourist.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. ...