Analitika : Jurnal Magister Psikologi UMA
Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Sulaiman Sulaiman (Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area)
Harun Sitompul (Universitas Negeri Medan)
Cut Mutia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2015

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak 64 orang yang berasal dari dua kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kreativitas dimana data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA Faktorial 2 × 2. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2015