Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Semester Genap2013/2014

SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN REKENING AIR BULANAN BESERTA AUTOREPLY SMS PADA HIPAM MANGGA DUA PAKISAJI KAB. MALANG

Dias Adi Prayuga, Dias Adi Prayuga/Fidelis Agus Priyambodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2014

Abstract

ABSTRAKDalam  Kantor  Sekretariat Hipam Mangga Dua Desa Segenggeng Pakisaji,penggunaan teknologi komputer  masih belum  terlaksana dengan baik khususnya dalam hal pelayanan administrasi  pembayaran rekening air bulanan.  Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada  masyarakat maka bagian sekretariat Hipam Mangga Dua membutuhkan suatu sistem informasi pembayaran yang dapat mengolah data pelanggan dengan cepat dan terperinci. Karena saat ini dalam operasional sehari-hari petugas masih menggunakan sistem perhitungan dan pencatatan data yang masih manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungannya. Oleh karena itu, dengan adanya sistem informasi pembayan air bulanan ini diharapkan dapat dimanfatkan untuk mempermudah dan memaksimalkan proses perhitungan serta peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Selama ini proses pembayaran rekening air tidak dapat terekam dan tersimpan secara terperinci, sehingga sering terjadi kehilangan data dan kesalahan dalam perhitungan.Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah Merancang dan mengaplikasikan sebuah perangkat lunak sistem informasi pembayaran rekening air bulanan beserta autoreply sms total tagihan  sehingga pembayaran  rekening air bulanan  dapat lebih maksimal.Kata Kunci : Sistem Informasi, Pembayaran Rekening,Autoreply SMSABSTRACTIn office secretariat of Hipam Mangga Dua Pakisaji. Use of computer technology still has not well done, espesially mterms of administrative services monthly of water bill payments. In order to enhance better service to the community secretariat, Hipam Mangga Dua requires an information system that can process payments quickly and customer data in detail. Because at this time the daily operations officer calculation system still  uses the manual recording of data and thus requires a long time in the calculation. Therefore, the presence of this system is expected to be used to facilitate and maximize the calculation process as well as improving customer service. During this process,  the water bill payments can’t be recorded and stored in detail, so that frequent data loss and errors in calculation. The purpose of making this application is to design and apply a software information system monthly of water bill payments with autoreply sms totaled bill so that the monthly water bill payments can be a maximum. Keywords :  Information System, Bill Payment,autoreply SMS

Copyrights © 2014