Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 3, No 5 (2014): Jurnal Ilmiah Kesehatan

KOMUNIKASI VERBAL DALAM KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN

Nuryati, Elmi (STIKes Muhamadiyah Pringsewu)
Ardina, Rani (STIKes Muhamadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2014

Abstract

Salah satu bentuk perlakuan yang baik dari tenaga medis kepada pasien adalah melalui komunikasi terapeutik verbal yang terjalin diantara keduanya untuk menghasilkan sebuah bentuk kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Verbal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bangsal Kelas III Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu Lampung Tahun 2014.Jenis penelitian analitik dengan desain Cross sectional. Populasi sebanyak 88 responden        yang         dipilih         dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria inklusi rawat inap lebih dari 1x24 jam, berusia minimal 15 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi square.Hasil uji statistik chi square didapat nilai p value = 0,632 (>0,05) dan OR 1.348, hal ini menyatakan bahwa Ho diterima yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan. Komunikasi terapeutik verbal yang baik dalam memberikan asuhan keperawatan akan meningkatkn kepuasan dalam pelayanan keperawatan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan, This journal is intended as a medium for communication among stake holders on health research such as researchers, educators, students, practitioners of Health Office, Department of Health, Public Health Service center, as well as the general public who have an interest in ...