Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Ilmiah Kesehatan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Lestari, Arena (STIKes Muhammadiyah Pringsewu)
., Tobrani (STIKes Muhammadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2013

Abstract

Belajar adalah proses seseorang untuk menggapai keinginannya, yaitu dari ketidaktahuan menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Dalam prosesnya tidak dapat dipastikan bahwa semua mahasiswa yang sedang mengikuti proses pembelajaran mempunyai motivasi yang sama. Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi, salah satunya adalah adanya factor eksternal berupa kedisiplinan dosen yang dipersepsikan oleh mahasiswa secara berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV Diploma keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross secsional. Sampel penelitian ini adalah 71 mahasiswa diploma tiga Keperawatan dengan total populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV diploma tiga keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012 (p-value = 1,000 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya disarankan melihat factor - factor lain yang mungkin mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan, This journal is intended as a medium for communication among stake holders on health research such as researchers, educators, students, practitioners of Health Office, Department of Health, Public Health Service center, as well as the general public who have an interest in ...