Kelasa : Kelebat masalah bahasa dan sastra
Vol 14, No 2 (2019): Kelasa

Paragraf Koheren dan Tak Koheren dalam Teks Tulis Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah

Hidayatul Astar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Bahasa ragam tulis seorang guru tentu diharapkan susuai dengan kaidah ejaan dan tata bahasa. Artikel ini mengungkap bagaimana teks tulis guru SD di Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Tengah. Fokusnya pada aspek paragraf, yaitu paragraf koheren dan paragraf tak koheren. Data diperoleh dalam aktivitas pembinaan bahasa tahun 2017. Guru diminta menulis tentang tambang timah ketika kegiatan dilaksanakan. Metode yang digunakan adalah metode deskrptif kualitatif. Anlisis data menggunakan konsep keherensi Alwi (2003:428) dan Chalmers (2016). Berdasarkan analisis data, teks guru SD di dua kabupaten itu lebih banyak dalam jenis teks koheren sebagian (ada paragraf koheren dan ada yang tak koheren). Dari 90 teks yang diteliti, 43 (47,77%) koheren sebagian, 23 teks (25,56%) koheren, dan 24 teks (26,67%) tak koheren. Selanjutnya, dari 320 paragraf yang diteliti, 186 (58,81%) tak koheren dan 134 (41,19%) koheren. Paragraf koheren dan tak koheren guru ditandai oleh adanya hubungan antaride yang tertata baik dan tidak baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kelasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KELASA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. The scope of KELASA includes linguistic, applied linguistic, interdisciplinary linguistic studies, theoretical literary studies, interdisciplinary literary studies, literature and ...