Praxis : Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring
Vol 2, No 1: September 2019

Perencanaan Bisnis Online Caring Cookie

Endah Purbaningrum Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2019

Abstract

Abstrak. Kepedulian akan kesehatan menjadikan munculnya bisnis makanan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari rancangan bisnis online Caring Cookies apabila ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran (APP), aspek produksi dan operasional (APO), aspek sumber daya manusia (ASDM), dan aspek keuangan (AK). Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, observasi, dan dokumen. Analisa data dilakukan secara deskriptif. Analisis kelayakan finansial dilakukan dengan net present value (NPV), profitability index (PI), payback period (PP), dan international rate of return (IRR). Caring Cookies menjual healthy cookies (Honey Oat Cookies) yang tanpa tepung terigu, telur, dan susu sapi. APP: segmentasi pasar adalah semua generasi yang peduli kesehatan melalui pengaturan pangan yang dikonsumsi, target pasar adalah single-segment concentration, dan positioning pasar adalah market nicher. 4P Marketing Mix: produk yang dijual healthy cookies, promosi melalui sales promotion dan direct marketing, harga jual produk IDR 62.000, dan pendistribusian produk secara langsung. APO: proses produksi dilakukan di Jalan Dokter Cipto 125A, Semarang. ASDM: pada awal berdirinya diperlukan satu orang pekerja. AK: initial investment yang dibutuhkan adalah IDR 11.553.180. Hasil analisis kelayakan finansial dari segi NPV positif (128.866.529), PI>1 (12,15), PP 2 tahun 0,5 bulan, dan IRR (80,51 %)>bunga bank (5,50%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan

Copyrights © 2019