Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban
Vol 6 No 1 (2020)

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY VS CREATING SHARED VALUE MELALUI KAJIAN PERSPEKTIF ISLAM: PENDEKATAN KRITIS JURGEN HABERMAS

Fitri Indah Sari (Unknown)
Mediaty Mediaty (Unknown)
Darwis Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep CSR dan konsep CSV melalui kajian perspektif Islam dan dengan teori komunikasi habermas. CSR dipahami sebagai sebagai konsep untuk mengahsilkan manfaat sosial tanpa mengacu pada biaya, yang mana fenomena tersebut difokuskan pada berbagai nilai (Keuntungan) yang diperoleh perusahaan dengan mentransfer/mendistribusikannya kepada masyarakat. Sebaliknya, CSV berarti menciptakan peluang dan nilai baru. Dalam teori komunikasi Habermas pengungkapan CSR merupakan salah satu bentuk pengkomunikasian efek-efek sosial dan lingkungan atas tindakan-tindakan ekonomi perusahaan pada kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat secara keseluruhan. Dalam Islam, CSR konsisten dengan konsep Tauhid. Menurut konsep ini, Allah adalah pencipta, pemilik dan sumber segala sesuatu, dan telah memepercayakannya kepada umat manusia untuk menggunakan dan mengelolanya dengan cara yang bijaksana.Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, CSR Disclousare, Creating Shared Value, Konsep Tauhid, Teori Komunikasi Habermas. ABSTRACTThe purpose of this research is to know the concept of CSR and CSV Concept through study of Islamic perspective and with Habermas communication theory. CSR is understood as a concept to generate social benefits without reference to cost, which the phenomenon is focused on sharing the value (profit) that the company obtains by transferring / distributing it to the public. In contrast, CSV means creating new opportunities and values. In Habermas's communication theory, CSR disclosure is one form of communicating the social and environmental effects of the company's economic actions to certain groups within society as a whole. In Islam, CSR is consistent with the concept of monotheism. According to this concept, God is the creator, the owner and the source of all things, and has entrusted it to mankind to use and manage it in a wise manner.Key Words: Corporate Social Responsibility, CSR Disclousare, The Concept of Tawheed, Habermas Communication Theory.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiap

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban adalah jurnal yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan Juni dan Desember oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban yang terbit sejak 2015 ini mengkaji ...