Pada umumnya nilai mata kuliah berupa suatu angka yang menentukan keberhasilan seorang mahasiswa.Keberhasilan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya kedisiplinan belajar mahasiswa dan tingkat kehadiran di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan belajar dan tingkat kehadiran mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menggunakan metode teori kuantifikasi fuzzy I untuk mengetahuinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari masing-masing indikator, yang diacu dari kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa dan nilai mata kuliah. Dari 5 indikator yang paling berpengaruh adalah indikator 3 yaitu hubungan dan koordinasi antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun dosen dengan nilai bobot kategori y = 3,8872µ(x) atau 0,3239x terhadap nilai mata kuliah yang artinya memberikan kontribusi besar terhadap nilai mata kuliah, dan merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap nilai dengan kehadiran lebih dari 9. Kata kunci: Fuzzy quantification theory, kualitatif, kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa, nilai mata kuliah.
Copyrights © 2016