Holistic Journal Of Management Research
Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research

PERANAN TUTOR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH

Anfas Anfas (Unknown)
Minrohayati Minrohayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peranan Tutor terhadap motivasi belajar mahasiswa pada sistem belajar jarak jauh di UPBJJ-UT Ternate. Populasi penelitian adalah mahasiswa UPBJJ-UT Ternate yang menerima beasiswa Bidikmisi dan CSR sebanyak 44 mahasiswa. Dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = a + bX = 94,020 + 0,364X. Artinya bahwa setiap peningkatan kualitas Peranan Tutor sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 0,364 satuan. Hasil koefisien determinasi R2 (R Square) sebesar 0,716 menjelaskan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel Peranan Tutor (X) terhadap variabel Motivasi Belajar (Y) sebesar 71,60%. Sedangkan sisanya 28,40% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengusulkan agar UT harus terus dapat meningkatkan standar kopetensi tutor agar pelaksanaan tutorial semakin baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

holistic

Publisher

Subject

Description

Holistic Journal of Management Research (Jurnal Riset Manajemen Terpadu) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung sebagai media komunikasi mengenai ilmu manajemen tingkat nasional dan internasional. Terbitan berkala ini hadir dengan frekuensi penerbitan satu ...