Holistic Journal Of Management Research
Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research

Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Angkatan 2016-2018

Kurnia Sandi (Unknown)
Sumar Thoyib (Unknown)
Christianingrum Christianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian online; pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online; dan pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini dapat dikategorikan dalam penelitian kuantitaif karena data yang diperoleh berupa angka yang berasal dari kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 136 responden dengan menggunakan metode Proportionate stratified random sampling. Model analisis data yang digunakan regresi linear berganda, dengan uji f, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,681; 2) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t lebih kecil dari 0,05 dan nili t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 7,818; 3) viral marketing dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 389,682 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan determinasi R2 pada penelitian ini 85,2% dan masih ada 14,8% variabel lain diluar penelitian yang masih bisa dikembangkan untuk penelitian berikutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

holistic

Publisher

Subject

Description

Holistic Journal of Management Research (Jurnal Riset Manajemen Terpadu) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung sebagai media komunikasi mengenai ilmu manajemen tingkat nasional dan internasional. Terbitan berkala ini hadir dengan frekuensi penerbitan satu ...