Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Studi Sosial

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BEBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

Ayu Rachma Adjri (Unknown)
Pargito Pargito (Unknown)
Pujiati Pujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

The purpose of this research is to find the effective teaching materials to increase student learning outcomes in the subject of accounting in class X SMK Amal Bhakti District South Lampung especially of learning model guided inquiry. The research is the kind of research development or research and development (R D). The research sample it consists of the control group (of teaching materials ordinary used at the school and treatment group (the teaching material based guided inquiry). The data that has been compiled on the effectiveness of the product in their experiences were analyzed using dependent sample t-test. The research results show that there are differences between the experimentation and the control group and obtained the value of p 0,05  the difference shows that there is positive impacts to the development of guided inquiry kind of classroom.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di kelas X SMK Amal Bhakti Kabupaten Lampung Selatan terutama dari model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (RD). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode ASSURE. Sampel penelitian ini terdiri dari kelompok kontrol (bahan ajar biasa yang digunakan disekolah) dan kelompok perlakuan (bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing). Data yang telah dikumpulkan mengenai efektifitas produk dalam pembelajaran dianalisis dengan menggunakan dependent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan diperoleh nilai p 0,05 perbedaan tersebut menunjukkan adanya nilai positif terhadap Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Kata kunci: Bahan ajar, inkuiri tebimbing dan smk.

Copyrights © 2020