Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subyektif yang menyangkut persepsi masyarakat gen Z terhadap tingkat intensi seseorang dalam menggunakan aplikasi musik streaming. Penelitian ini hanya berfokus pada penggunaan Spotify dan Joox karena kedua aplikasi tersebut lebih umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kota Semarang dengan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada masyarakat gen Z di Semarang menggunakan skala Likert (1-5) dan diproses menggunakan SPSS 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh antara sikap gen Z terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai t-hitung sebesar 9,884 dan tingkat signifikansi 0,000, (ii) terdapat pengaruh antara norma subjektif terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai t-hitung sebesar 3,321 dan tingkat signifikan 0,001, (iii) terdapat pengaruh antara sikap dan norma subjektif terhadap intensi penggunaan streaming musik dengan nilai F hitung sebesar 68,269 dan tingkat signifikan 0,000. Penelitian ini menunjukkan hubungan antara masyarakat generasi Z dengan penggunaan media digital serta mengetahui bagaimana pola konsumsi mereka berdasarkan pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Sedangkan hasil penelitian ini akan berguna sebagai referensi perkembangan strategi bisnis industri musik kedepannya.
Copyrights © 2020