Communications
Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS

Industri Religi Pada Media Online

Ary Anggraeni (Universitas Paramadina)
Eka Wenats Wuryanta (Universitas Paramadina)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Dunia pers memasuki era baru, hal ini ditandai dengan berkembangkan media online. Dengan sifatnya yang papperless media online lebih hemat dalam pengoperasiannya. Penelitian ini mengulas tentang fakta banyaknya berita-berita tentang ibadah umrah hampir setiap hari di berbagai media online, tanpa memberikan penjelasan tentang masalah yang hampir selalu menyertai pada saat pelaksanaan ibadah umrah. Dilihat dari sudut pandang ekonomi politik, pemberitaan umrah merupakan komoditas yang menguntungkan bagi pemilik media. Oleh karena itu, berita-berita tentang umrah terus dieksploitasi guna meningkatkan rating berita media online tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Ekonomi Politik Media dari Vincent Moscow (2009), dengan mengambil salah satu entry concept nya yaitu komodifikasi. Dengan pendekatan kritis, penulis mencoba meneliti komodifikasi pemberitaan umrah pada media online Tribunnews.com. Disimpulkan bahwa komodifikasi berita umrah di media online Tribunnews.com merupakan bagian dari komodifikasi Islam. Komodifikasi dilakukan dengan membuat banyak liputan yang berisi informasi tentang umrah. Komodifikasi juga terkait dengan banyaknya khaalayak pembaca Tribunnews.com yang jumlahnya banyak sehingga menarik pengiklan untuk beriklan di Tribunnews.com.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...