Tulisan ini merupakan kajian literatur yang membahas isu peningkatan political literacy (melekpolitik)  sebagai  salah  satu  prasyarat  penting  untuk  menghasilkan  pemilu  yang  berkualitas dengan partisipasi yang juga berkualitas dalam konteks agenda besar mengkonsolidasikan dan mengembangkan kehidupan demokrasi, khususnya di kalangan pemilih pemula (pelajar danmahasiswa) melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Kajian dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara kritis urgensi literasi politik dalam kontekspemilu  dan  demokratisasi,  serta  mempromosikan  gagasan-gagasan  konseptual  model pembelajaran  kontekstual  untuk  meningkatkan  derajat  kualitasnya  terutama  di  kalangan pemilih pemula. Metode kajian yang digunakan dalam tulisan ini adalah analisis kepustakaan.Melalui metode ini rujukan konseptual, data dan informasi dihimpun dari pelbagai sumberliteratur  seperti  jurnal  ilmiah,  buku,  laporan  penelitian  dan  dokumen  literatur  lainnya; kemudian  dianalisis  dengan  pendekatan  kualitatif.  Hasil  kajian  menunjukkan  bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual memiliki potensi sangat efektif untuk digunakan sebagai instrumen  pendidikan  kewarganegaraan  dalam  rangka  meningkatkan  literasi  politik  para pemilih pemula.Kata Kunci: political literacy, pembelajaran kontekstual, demokratisasi, pemilih pemulaÂ
Copyrights © 2017