Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 6, No 2 (2017)

STRATEGI PENINGKATAN LITERASI POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Sutisna, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian literatur yang membahas isu peningkatan political literacy (melekpolitik)   sebagai   salah   satu   prasyarat   penting   untuk   menghasilkan   pemilu   yang   berkualitas dengan partisipasi yang juga berkualitas dalam konteks agenda besar mengkonsolidasikan dan mengembangkan kehidupan demokrasi, khususnya di kalangan pemilih pemula (pelajar danmahasiswa) melalui pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Kajian dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara kritis urgensi literasi politik dalam kontekspemilu   dan   demokratisasi,   serta   mempromosikan   gagasan-gagasan   konseptual   model pembelajaran   kontekstual   untuk   meningkatkan   derajat   kualitasnya   terutama   di   kalangan pemilih pemula. Metode kajian yang digunakan dalam tulisan ini adalah analisis kepustakaan.Melalui metode ini  rujukan konseptual,  data  dan informasi dihimpun dari pelbagai  sumberliteratur   seperti   jurnal   ilmiah,   buku,   laporan   penelitian   dan   dokumen   literatur   lainnya; kemudian   dianalisis   dengan   pendekatan   kualitatif.   Hasil   kajian   menunjukkan   bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual memiliki potensi sangat efektif untuk digunakan sebagai instrumen   pendidikan   kewarganegaraan   dalam   rangka   meningkatkan   literasi   politik   para pemilih pemula.Kata Kunci: political literacy, pembelajaran kontekstual, demokratisasi, pemilih pemula 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JISH

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (JISH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JISH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective in society and ...