Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 2 (2018): Adz-Dzahab Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018

STRATEGI PEDAGANG PENGUMPUL DALAM PENENTUAN HARGA BELI DAN HARGA JUAL BERDASARKAN KONSEP SYARIAH PADA KOMODITI KAKAO (STUDI KASUS DESA PUNCAK SINJAI SELATAN)

Salam (Unknown)
Ferawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pedagang Pengumpul Dalam Menentukan Harag Beli Dan Harga Jual Berdasarkan Prinsip Syariah Pada Komoditi Kakao Desa Puncak Kecamatan Sinjai Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berdasarkan latar belakang masalah keadaan dan posisi suatu peristiwa yang sedang berlangsung saat ini, serta interaksi lingkungan unit sosial tertentuyang bersifat apa adanya. Wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) strategi penentuan harga beli dan harga jual komoditi kakao dalam penentuan harga dilakukan dengan tawar menawar dengan berdasarkan kemampuan berargumentasi dan kekuatan pada masing-masing pihak dan kepentingan diri sendiri lebih diutamakan, penjual dan pembeli memiliki sumber daya untuk mencapai kepentingannya masing-masing. (2) Dalam penentuan harga beli dan harga jual berdasarkan syariah harga ditentukan oleh penjual dan pembeli mempunyai niat saling tolong menolong, saling memudahkan dan meringankan antara kedua belah pihak, serta penjual dan pembeli harus berusaha untuk saling jujur, harga ditentukan dengan cara pemufakatan dari kedua belah pihak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...