Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha

Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Kawasan Wisata Mandeh

Yudi Purnama Dani (Universitas Negeri Padang)
Thamrin Thamrin (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan seberapa besar (1) Pengaruh Atribut Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung, (2) Pengaruh Electronic Word of Mouthterhadap Keputusan Berkunjung, jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif, dimana penelitian ini menggambarkan dan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua orang yang pernah berkunjung atau yang sedang berkunjung ke Kawasan Wisata Mandeh. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accedental sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif melalui analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21.0, hipotesis diuji dengan uji F dan Uji t pada α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Atribut Produk Wisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjungdengan nilai thit= -0,046 dan sig = 0,591, (2) Electronic Word of Mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung dengan nilai thit=6,793 dan sig = 0,000. Keywords: Atribut Produk Wisata, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mnj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha bertujuan untuk menjadi sarana penyembarluasan ilmu dan pengetahuan di bidang manajemen dan wirausaha. Jurnal ini fokus menerima tulisan yang berkaitan dengan kajian manajemen dan ...