ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. Alasanya karena masih ditemukan gejala-gejala respon negatif dari masayarakat sebagai pengguna jasa pelayanan Pembuatan E-KTP di kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kasi Pelayanan Masyarakat kecamatan Losarang sebagai informan kunci dan masyarakat yang membuat E-KTP sebagai informan Pendukung . Terdapat hambatan yang terjadi dalam pelayanan publik pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu yaitu diantaranya fasilitas fisik yang tidak sesuai standar operasional pelayanan atau sudah tidak layak dan peralatan dalam pembuatan E-KTP yang belum menunjang. Serta pegawai kecamatan Losarng yang belum mampu memberikan pelayanan dengan baik seperti pelayanan yang dijanjikan dan sikap pegawai yang kurang ramah. Hasil penelitian yang penulis lakukan dalam Analisis Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu dilihat dari Dimensi Kualitas Menurut Fandy Tjiptono dalam Buku (Hardyansyah, 2011:53) yaitu fasilitas fisik, peralatan, kemampuan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, kesopanan atau keramahan, masih kurang optimal.
Copyrights © 2017