Latar Belakang:Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.Kebiasaan remaja yang sulit dihindari adalah merokok, merokok yang dilakukan para remaja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain karena masa perkembangan anak yang mencari identitas diri dan selalu ingin mencoba hal baru yang ada di lingkungannya.. Tujuan:  ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendidikan kesehatan melaluiProblem Base Leraningterhadap perubahan perilakumerokokdi kalangan remajadiSMK Muhammadiyah I Surakarta.Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi yang digunakan non acak pre test dan post test yang melibatkan 60 siswa dan mereka dibagi menjadi dua kelompok. Pengadilan kuesioner dibuat sebelum penelitian.Sampel purposive diambil. Analisis data yang digunakan paired t-test dant-test independent. Uji hipotesis didasarkan pada tingkat signifikanp <0,05.Hasil: Ada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku responden merokok. Hal ini dapat dilihat setelah satu bulan intervensi; Rata-rata pengetahuan masih meningkat meskipun skor rata-rata sikap post test sedikit menurun. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan statistik yang signifikan. Dalam aspek perubahan perilaku, frekuensi responden yang berhenti merokok lebih tinggi. Penilaian status merokok respondendi24 jam terakhir menunjukkan berbeda yang statistik (p <0,05). Hasil ini konsisten dengan hipotesis. Ada perubahan perilaku atau merokok setelah menerima pendidikan kesehatan.Kesimpulan: Ada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku responden merokok setelah intervensi pendidikan kesehatan melalui Problem Base Leraning; sehingga metode ini bisa digunakan  dalam pelaksanaan pendidikan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja. Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilakumerokok, pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015