Layanan kesehatan adalah salah satu jenis layanan publik yang merupakan ujung tombak dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Pelayanan yang paripurna dalam bidang kesehatan adalah suatu hal yang wajib diberikan oleh instansi kesehatan terhadap pasien. Hal tersebut selaras dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun1992 tentang kesehatan, Yang menetapkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Ketepatan pengambilan keputusan dari suatu identifikasi data dalam dunia kesehatan sangatlah penting bagi pasien maupun Rumah Sakit. Salah satunya adalah pelayanan pasien di Unit Gawat Darurat (UGD) yang sering diibaratkan sebagai “pintu gerbang” bagi rumah sakit yang memiliki peran penting dalam pelayanan di Rumah Sakit, sehingga pada bagian ini dituntut untuk lebih meningkatkan mutu dalam pelayanan terhadap pasien. Kebijakan pemerintah terkait dengan keanggotaan Badan Penyelengga Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan) dapat mempengaruhi prosentase kunjungan pasien yang berobat ke Rumah Sakit. Jumlah peserta BPJS hingga 1 september 2016 mencapai 168.512.237 jiwa, hal tersebut memberi dampak meningkatnya jumlah kunjungan pasien di rumah sakit, sehingga pihak menajemen rumah sakit harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan tersebut pada bagian unit gawat darurat sebaiknya dapat memberikan informasi terkait penyakit seorang pasien dengan baik. Salah satu contoh tugas yang dilakukan di UGD adalah pemberian rekomendasi pasien dalam pelayanan rawat inap maupun rawat jalan kepada pasien dengan menganalisis kondisi awal pasien, apabila gejala yang dialami pasien dinilai tidak terlalu beresiko maka dapat disarankan untuk rawat jalan, begitu pula sebaliknya. Didasari dari keterangan diatas, rumah sakit membutuhkan sebuah system pendukung keputusa (SPK) yang dapat memprediksi atau dapat membantu klinisi dalam penetapan kunjungan keperawatan terhadap pasien sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Selain itu SPK dapat mempermudah pelayanan terhadap pasien khususnya dalam hal pelayanan informasi. Kata Kunci : UGD, SPK, Rawat Inap, Rawat Jalan
Copyrights © 2017