Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan kompetensi matematika siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Manggelewa tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi san refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.A dengan jumlah siswa 35. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes evaluasi berbentuk essay tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan siswa dalam penelitian ini adalahKetuntasan klasikal belajar siswa ≥85% yang memperoleh nilai minimal 65 untuk mengetahui kompetensi matematika siswa dan aktivitas siswa minimal berkategori aktif. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata kompetensi belajar siswa 66,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,4%. Sedangkan pada siklus II; nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 70,3 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 7,6% menjadi 89%. Pada aktivitas belajar siswa siklus pertama kategori cukup aktif dan aktivitas belajar siswa pada siklus kedua berkategori aktif . Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigation dapat meningkatkan kompetensimatematika siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Manggelewa tahun pelajaran 2017/2018.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018