RIANTY, Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Eddy Soegiarto dan Ibu Ida Rahmawati. UD.BERKAT BAHAGIA dalam memasarkan produk meubel yang dijual, dihadapkan pada tantangan persaingan dari banyaknya pelaku usaha yang mempunyai jenis usaha yang sama dan berbagai kesamaan  baik itu dari  segi merk, type, dan lainnya. Manajemen UD.BERKAT BAHAGIA menyadari bahwa untuk mencapai tujuan perusahaan dalam menjual produk-produk meubelnya diperlukan adanya strategi pemasaran berupa marketing namun yang dipilih adalah strategi promosi yang menekankan pada advertising dan personal selling. Permasalahannya adalah Apakah Strategi Promosi melalui advertising dan personal selling dapat meningkatkan hasil penjualan produk meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh biaya advertising dan biaya personal selling terhadap peningkatan hasil penjualan produk meubel yang dilaksanakan oleh UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda. Dasar teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda.            Dari hasil pehitungan menggunakan SPSS diperoleh bentuk persamaan Regresi Linier Berganda sebagai berikut : Ỷ= -1,883x E7 + 8,888 X1 + 2,295X2.Nilai konstanta sebesar -1,883x107 yang menandakan bahwa apabila  tidak ada faktor biaya advertising (X1) dan biaya personal selling (X2), maka konsumen tidak mengetahui informasi tentang produk yang ditawarkan sehingga akan berdampak menurunnya omset penjualan.Variabel advertising (X1) di temukan nilai sebesar 8,888 yang lebih besar dari nilai variabel (X2) sebesar 2,295 dikarenakan cakupan advertising lebih  luas dari pada tenaga pemasaran langsung.Nilai korelasi (R) sebesar 0,913 menunjukkan bahwa hubungan antara Promosi dengan hasil Penjualan bersifat sangat erat, dan setelah disesuaikan diperoleh determinasi (R2) sebesar 0,834 artinya bahwa Promosi mempengaruhi perubahan pada hasil Penjualan sebesar 83,40%; sedangkan sisanya sebesar 16,60% dipengaruhi oleh faktor lainnya.           Nilai Fhitung sebesar 12,560.Selanjutnya pada tabel diperoleh Ftabel = 5,9874.Bila di bandingkan, maka Fhitung > Ftabel sehingga Hipotesis diterima; artinya bahwa secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan biaya Advertising (X1) dan biaya Personal Selling (X2) terhadap hasil Penjualan Meubel UD.BERKAT BAHAGIA.
Copyrights © 2013