EKONOMIA
Vol 2, No 1 (2013)

ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PENJUALAN CHITATO PADA CV. YOVA BERSAUDARA SAMARINDA

RAFI’I1, muahammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2014

Abstract

MUHAMMAD RAFI’I, “Analisis Kebutuhan Tenaga Penjualan Chitato Pada CV. Yova Bersaudara Samarinda.” dibawah bimbingan ibu Prof. Dr. Theresia Militina, SE,MSi dan Drs. Adi Suroso,MM.CV. Yova Bersaudara Samarinda adalah salah satu distribotor produk barang-barang konsumsi seperti : Chitato, Chiki Ball, j zet, Chetos Net, Qtela, Lays, dan lain sebagainnya, di pasarkan seluruh Samarinda dan sekitarnnya tenaga penjualan yang digunakan perusahaan sebanyak 7 (tujuh) orang untuk sales chitato. Karena banyaknya pesanan konsumen atau agen agen penjualan perusahaan sering mengalami keterlabatan pengiriman penentuan jumlah tenaga penjual, sampai saat  yang ideal bagi perusahaan.Metode analisis yang akan digunakan adalah pemecahan masalah dan menjawab hipotesis yang penulis kemukakan adalah metode potensipenjualan least square, metode ini digunakan untuk menetukan jumlah tenaga penjual dengan berpatokan dan juga didasarkan pada tingkat perputaran tenaga penjual yang dinyatakan dalam persentasie serta tingkat produktivitas yang ditargetkan untuk setiap salesmen atau tenaga penjual dalam tiap penjual.Hasil analisis menunjukan;Tahun 2013 junmlah penjual (salesmen) yang dianggap sesuai dengan kebutuhan perusahaan sebanyak 9 (sembilan). Tenaga penjual yang digunakan sekarang ini hanya berjumlah 7 (tujuh) orang maka perlu ditambah 2 (dua) orang lagi agar dapat melaksanakan kegiatan penjualan sesuai dengan potensi pada tahun tersebut.Tahun 2014 tidak di perlukan penambahan tenaga penjual.Tahun 2015 kebutuhan tenaga penjual perlu ditambah 1 (satu) orang lagi menjadi 10 (sepuluh) dengan anggapan produksi Penujualan tetap meningkat sama dengan keadaan sebelumnya.Kata Kunci : tenaga penjualaan.

Copyrights © 2013