Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah 36 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul. Materi modul dalam hal ini adalah bilangan bulat. Adapun hasil dari penelitian ini adalah keefektifan pembelajaran matematika realistik berbantuan modul dilihat dari beberapa aspek yaitu aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa melalui kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat. Berdasarkan aspek aktivitas siswa dan guru berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3.81 dan 4.28. Selain itu kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat diperoleh hasil persentase rata-rata 79 % dari keseluruhan siswa mendapat hasil belajar tuntas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018