Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 4 (2017)

ANALISIS FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-IV BIDAN PENDIDIK

Ningsih, Vitria (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Metode yang digunakan deskriptif analitik korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Subyek penelitian adalah semua mahasiswa semester III Program Studi DIV Bidan Pendidik sejumlah 47. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan uji statistik kendall tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis minat terhadap prestasi belajar diperoleh p-value 0,031, motivasi terhadap prestasi belajar p-value 0,045, kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar p-value 0,048, kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar p-value 0,003, kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar dengan p-value 0,640. Kesimpulannya faktor minat, motivasi, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...