Konstruk Technology Acceptance Model yang sering dikenal dengan TAM merupakan konsep yang dipakai untuk mengukur kehandalan sebuah aplikasi teknologi. Kebanyakan untuk mengetahui seberapa handal sebuah teknologi yang diluncurkan dengan persepsi yang dibuat oleh masyarakat. Pada penelitian ini yang hendak diukur dalam TAM adalah layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya yang telah meluncurkan Mobile Application. Metode penelitian dengan Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatori (explanatory research). Sampel yang dipilih adalah 76 orang pelanggan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya di Wilayah Kelurahan Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Analisa data menggunakan Partial Least Square (PLS). Kesimpulannya adalah Ada Pengaruh persepsi kemudahan (perceived ease of use) terhadap transaksi sesungguhnya (actual usage) pengguna mobile application PDAM Surya Sembada Kota Surabaya karena nilai thitung = 7,033 ( > 1,96) artinya pengguna aplikasi ini lebih memilih konstruk kemudahan sebagai alasan untuk melakukan transaksi informasi tagihan rekening dibandingkan dengan konstruk yang lain yaitu persepsi kegunaan dan persepsi sikap konsumen.
Copyrights © 2018