JMIO: Jurnal Mesin Industri dan Otomotif
Vol 1 No 2 (2020): JMIO Mei 2020

PENGARUH VARIASI CAMPURAN OLI SAMPING DENGAN BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP SUHU MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA YAMAHA F1ZR 110CC

Misbachudin (Politeknik Hasnur)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan suhu mesin dan emisi gas buang dengan variasi campuran oli samping yang berbeda dengan bahan bakar pertalite. Umumnya sepeda motor menggunakan bahan bakar bensin sehingga prinsip kerjanya tidak berbeda dengan motor pada mobil. Yang dimaksud sepeda motor 2 tak adalah sepeda motor yang mendapatkan satu kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan dua kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol. Oli samping merupakan komponen yang sangat penting, Tanpa oli sampingmotor dua tak tidak dapat melakukan pembakaran secara sempurna. Adapun oli samping yang baik digunakan untuk mendinginkan temperatur mesin yaitu oli full syntethic Ester (Motul) karena suhu mesin semakin rendah dan mesin menjadi dingin, dengan campuran 20cc atau 30cc untuk 1 liter pertalite, dan suhu mesin paling tinggi yaitu pada oli semi synthetic (Idemitsu). Untuk emisi gas buang paling tinggi terdapat pada oli Motul yaitu 4.656 untuk CO dan 6.46 untuk CO2 pada campuran 30 cc, sedangkan untuk campuran 20 cc adalah 7.552 untuk CO dan 14.51 untuk CO2, dan emisi paling rendah terdapat pada oli Semi Synthetic (Idemitsu).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmio

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JMIO menerbitkan jurnal tentang aspek mesin industri dan otomotif (dasar dan terapan). Jurnal ini memiliki cakupan bidang yang luas, menerima submission dari disiplin ilmu teknik mesin (industri dan otomotif) untuk mempublikasikan hasil studi teoritis dan eksperimental Energi: Energi Terbarukan, ...