Jurnal Generic
Vol 5 No 1 (2010): Vol 5, No 1 (2010)

Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM

Bayu Adhi Tama (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2010

Abstract

Persaingan usaha telah memaksa perusahaan perdagangan untuk lebih selektif dalam menerapkan strategi pemasarannya. Customer Relationship Management (CRM) hadir sebagai sebagai sebuah solusi. Bagian CRM seperti cross/up selling, product affinity analysis, dan product bundling dapat digunakan sebagai sebuah solusi alternatif. Transaksi penjualan dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui penjualan additional products dari produk utama dimana pelanggan telah berkomitmen untuk membelinya. Paper ini akan melakukan analisis terhadap data transaksi penjualan sebuah perusahaan ritel umum yang bergerak di bidang fotografi, fotokopi, medical imaging, printing, dan telekomunikasi yang memiliki variasi produk yang sangat beragam. Keanekaragaman produk ini menghasilkan kemungkinan kombinasi produk yang lebih beragam pula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan strategi penjualan dengan menggunakan data pada tengah semester pertama, tren penjualan dari masing-masing kombinasi produk pada semester kedua mengalami peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Generic ISSN/e-ISSN: 1907-4093/2087-9814 adalah wadah publikasi ilmiah bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi di bidang ilmu komputer, ilmu teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Jurnal ini menerima tulisan inter-disiplin di bidang SI/TI, sistem komputer, dan informatika. Topik ...