Jurnal Generic
Vol 6 No 1 (2011): Vol 6, No 1 (2011)

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ

Vina Mandasari (Universitas Sriwijaya)
Bayu Adhi Tama (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2011

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing restoran cepat saji untuk memenangkan persaingan, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu restoran cepat saji yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan konsumennya adalah Restoran XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen Restoran XYZ menggunakan data mining dengan algoritma C4.5. Attribut masukan kepuasan konsumen dalam penelitian ini, mencakup produk, pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi yang berasal dari data hasil survei. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa rules yang dibangkitkan dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manejemen dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan laba mereka.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Generic ISSN/e-ISSN: 1907-4093/2087-9814 adalah wadah publikasi ilmiah bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi di bidang ilmu komputer, ilmu teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Jurnal ini menerima tulisan inter-disiplin di bidang SI/TI, sistem komputer, dan informatika. Topik ...