ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
Vol 5, No 1 (2020)

DIMENSI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI WILAYAH BOYOLALI DENGAN KEMAMPUAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Septiana Novita Dewi (STIE AUB Surakarta)
Joko Sekti Riyadi (STIE AUB Surakarta)
Aris Tri Haryanto (STIE AUB Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian adalah mengetahui secara empiris pengaruh dimensi social media marketing terhadap keputusan pembelian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif berupa penguatan terhadap pandangan-pandangan teoritik mengenai keterkaitan antara content creation, content sharing, conneting dan community bulding terhadap kemampuan inovasi dan keputusan pembelian.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di wilayah Boyolali yang terdaftar di Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Boyolali pada bulan Januari 2019. Sampel yang diteliti adalah sejumlah 190 responden dengan mengkalikan jumlah parameter yaitu 19x10=190. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik análisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan content creation, content sharing, conneting dan community bulding berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan inovasi. Content creation dan content sharing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Conneting, community bulding dan kemampuan inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung, sehingga dengan menggunakan kemampuan inovasi sebagai variabel mediasi adalah tepat. Keywords: Content creation, Content sharing, Conecting, Community Building, Kemampuan Inovasi, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

probank

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, ...