Pengkajian atas factor factor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Rendahnya perolehan hasil belajar siswa menjadi kerangka berfikir untuk melakukan penelitian. Daya dukung orang tua siswa merupakan faktor yang memperoleh perhatian berbagai pihak. Dari serangkaian proses yang dilakukan, daya dukung orang tua siswa di titik beratkan pada faktor kepedulian orang tua, menghargai pendapaat peserta didik oleh orang tua, pemberian kasih sayang, dukungan materiil, dukungan motivasi serta kemampuan orang tua peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rancangan ex-post facto dengan metode survey menggunakan teknik korelasional. Hasil analisis dengan uji prasyarat analisis adalah: (1) Data berdistribusi normal, (2) data bersifat linier yang ditunjukan oleh linieritas antara variabel daya dukung orang tua siswa terhadap data perolehan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh daya dukung orang tua siswa sebesar 24,60 %, ini berarti orang tua siswa hendaknya memposisikan diri sebagai pendamping dan motivator peserta didik secara pro aktif, konstanta 24, 60 % yang merupakan angka yang tergolong cukup efektif berpengaruh hendaknya menjadi perhatian yang serius bagi orang tua siswa. Ini menunjukan besarnya pengaruh orang tua terhadap keberhasilan peserta didik dalam pencapaiaan hasil belajar
Copyrights © 2020