Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management
Vol 1 No 1 (2019): Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Ev

Standar Operasional Prosedur Room Service Natya Hotel, Tanah Lot, Bali

Lukitasari, Rimalinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Kunci keberhasilan suatu hotel adalah pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh masing-masing hotel, sehingga pengunjung merasa puas, nyaman dan mau kembali mengunjungi suatu hotel. Room service di Natya Hotel, Tanah Lot memiliki SOP yang telah ditetapkan, tetapi ada beberapa kendala dalam pelaksanaan SOP. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajimengenai Room service department di Natya Hotel yaitu kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dan upaya Natya Hotel dalam meningkatkan profesionalisme room service man. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik obeservasi, wawancara, dokumentasi dan juga studi pustaka. Hasil penelitian mengungkapkan SOP yang dijalankan di Natya Hotel pada departementroom service yaitu menerima oderan dari telepon, membuat captain order, mempersiapkan peralatan, pesanan diantar ke kamar tamu. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SOP yaitu terkait dengan jumlah karyawan yang sedikit dan kendala bahasa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

art

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The publication of this journal is a scientific journal in the field of tourism studies. The manuscript can be research papers, review articles, as well as conceptual, technical, and methodological papers on all aspects includes research findings, experimental design, analysis, and recent ...