Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan anak berhitung dengan media balok di kelas B Paud Guru Alim Kota Ternate. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ), menurut Kemmis dan MC Taggart terdapat terdpat empat tahapan yakni : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data dekriptif kualitatif dan persentase. Hasil penelitian pada siklus I maka terdapat pada indikator menulis angka mencapai 20% mulai berkembang (MB) dan pada indikator menyebut angka 15% mulai berkembang dan menyusun anka 5% sudah berkebang (SB), selajutnya terjadi peningkatan secara seignifikan hal ini terlihata pada data siklus II yakni pada indikator menulis angka sudah mencapai 70% pada sudah berkembang (SB), dan menyebut angka 85% sudah berkembang dan pada indikator menyusun angka 90% sudah berkembang (SB) menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran di Paud Tuan Guru Alim Kota Ternate peningkatan yang signifikan.
Copyrights © 2020