JIK (Jurnal Ilmu Kebidanan)
Vol. 4 No. 1 (2017): Edisi Desember

HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA-SISWI SD MUHAMMADIYAH KARANG TENGAH IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Ferawati (AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH)
Sri Sundari (AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2020

Abstract

Kekurangan energi dan protein pada anak sekolah dapat menyebabkan anak menjadi lemah daya tahan tubuhnya dan konsentrasi belajar menjadi menurun. Kondisi tersebut berkaitan dengan penggunaan glukosa sebagai sumber energi. Untuk menganalisis hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa-siswi kelas VI Di SD Muhammadiyah Karang Tengah Imogiri Bantul Yogyakarta Tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 siswa-siswi kelas VI. Teknik pengambilan sampling menggunakan total sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 41 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Kendall Tau. Hasil uji analisis pengaruh sarapan pagi dengan konsentrasi belajar menunjukkan nilai signifikansi p = 0,001 (< 0,05) , Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa-siswi kelasVI Di SD Muhammadiyah Karang Tengah Imogiri Bantul Yogyakarta Tahun 2016. Orang tua perlu menerapkan kebiasaan sarapan pagi pada anak-anaknya karena dengan sarapan pagi akan menjaga kesehatan fisik dan daya konsentrasi anak menjadi lebih baik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JIK terbit pertama kali pada tahun 2014 dalam versi cetak, dan dipublikasikam secara online pada tahun 2015. Tujuan Jurnal Ilmu Kebidanan adalah menyebarluaskan hasil penelitian dan meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah melalui pendekatan interdisipliner dan multidisiplin. Proses pengiriman ...