Pendahuluan: Stimulasi merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak. Stimulasi perkembangan adalah upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kurangnya pemahaman mengenai stimulasi dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu orang tua perlu memahami tumbuh kembang dan stimulasi untuk memajukan pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan anak pra sekolah. Metode: Desain Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak usia 60-72 bulan di TK Pertiwi Nangsri Klaten Jawa Tengah. Sampel penelitian berjumlah 34 orang teknik sampling dengan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. analisis menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil analisis penelitian ini pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan sebagian besar kurang baik yaitu 19 (55,9%) . Hasil uji statistik diperoleh adanya hubungan tingkat pengetahuan orang tua dengan karakteristik orang tua yaitu usia dengan p value (0,017), pekerjaan dengan p value (0,049), dan pendidikan dengan p value (0,017). Kesimpulan : Berdasarkan hasil dapat dismipulkan adanya pengaruh yang signifikan pada karakteristik usia, pekerjaan, pendidikan, dengan tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan anak pra sekolah usia 60-72 bulan.
Copyrights © 2020