In the A minimarket, instant noodles are sold to consumers is not constant every day. So often a mismatch minimarket in buying noodles. For that, Fuzzy logic which can be used for prediction of purchase. In this study using Fuzzy Takagi-Sugeno inference system, this Fuzzy set used 3 membership function, which isdescended, ascend, and triangles. The process of determining theprediction results is used assertion (defuzzy) by using the concept of weighted averaged. The results can be concluded that the method of Fuzzy Takagi-Sugeno inference can predict the purchase of instant noodlesKeywords : Fuzzy logic, Takagi Sugeno, Prediction the purchase, Instant noodlesPada minimarket A, mie instan merupakan produk yang paling banyak terjual. Tetapi jumlah mie instan yang terjual ke konsumen setiap harinya tidak konstan, sehingga sering terjadi ketidaksesuaian minimarket dalam membeli mie. Untuk itu, digunakan logika fuzzy untuk prediksi pembeliannya. Pada penelitian ini menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Takagi Sugeno, himpunan fuzzy yang digunakan menggunakan 3 fungsi keanggotaan, yaitu turun, naik, dan segitiga. Proses penentuan hasil prediksi digunakan penegasan (defuzzy) dengan menggunakan konsep rata-rata tertimbang (weighted average). Hasil yang didapat, metode fuzzy inferensi Takagi-Sugeno dapat memprediksi pembelian mie instan dengan nilai error 35,55%.Kata kunci : Logika fuzzy, Takagi Sugeno, Prediksi pembelian, Mie instan
Copyrights © 2016