Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Di Indonesia terdapat sekitar 57,9 juta pelaku UMKM. Usaha mikro cukup mendominasi, ada sekitar 22 juta pedagang kaki lima (PKL). Dalam menjalankan usahanya UMKM tidak hanya secara individu atau personal, melainkan juga mengemasnya dalam bentuk waralaba. Pengelolaan bisnis yang baik dan profesional menjadi harapan setiap pelaku UMKM. Point of Sale (POS) dapat digunakan sebagai pendukung untuk membantu mengontrol dan mengelola usahanya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan sistem web backend admin dan analitik POS yang bisa mengelola bisnis waralaba dengan menerapkan fitur analitik, sehingga memudahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola dan memantau perkembangan usahanya.Metodologi penelitian yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak Agile dengan kerangka kerja Scrum. Sebagaimana yang berlaku dalam System Development Life Cycle (SDLC), maka penelitian ini akan menerapkan siklus Agile SDLC yang mengkombinasikan model proses iteratif dan inkremental dalam pengembangan sistemnya. Tahapan dalam pengembangan sistem ini adalah pengumpulan data, pra-perencanaan, inisiasi pengembangan (insepsi), pengembangan sistem, rilis sistem, dan produksi.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem web backend admin yang dapat mengelola bisnis UMKM dan waralaba dengan menerapkan fitur analitik. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan teknik white box dengan tools phpunit dan teknik black box dengan tools selenium terhadap fungsi-fungsi yang ada semua dinyatakan 100% sesuai.Kata Kunci : Point Of Sale, UMKM, Waralaba, Administrasi, Analytic
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017