Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Vol 5, No 1 (2017): Februari

PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN PELANGGAN PADA APLIKASI POS MIKRO

Isgi Arriza (Unknown)
Ardiansyah Ardiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Aplikasi POS Mikro adalah salah satu aplikasi mobile android yang digunakan sebagai pendukung untuk membantu mempercepat proses transaksi dan pencatatan transaksi sehingga memudahkan pemilik usaha untuk mengontrol dan mengelola usahanya, khususnya usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). UMKM di Indonesia mengalami perkembangan yang positif baik dari sisi peningkatan voleme usaha maupun jumlah unit usaha. Semakin banyaknya jumlah UMKM maka akan mendorong timbulnya persaingan usaha. UMKM akan berkompetisi untuk mendapat pelanggan dan mendorong penciptaan loyalitas terhadap pelanggan. Pengelolaan hubungan dengan pelanggan akan berdampak pada terciptanya kepuasan dan loyalitas. Pada aplikasi POS Mikro pengelolaan pelanggan yang ada saat ini  menggunakan kartu pelanggan yang digunakan untuk mencatat transaksi pelanggan dan tidak adanya dokumentasi pembelian tiap pelanggan.Dalam pengembangan sistem pengelolaan pelanggan pada aplikasi POS Mikro penelitian ini akan menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Agile dengan kerangka kerja Scrum. Sebagaimana yang berlaku dalam System Development Life Cycle (SDLC) yang mengkombinasikan model proses iterative dan incremental dalam pengembangan sistem. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi sistem pengelolaan pelanggan agar sesuai dengan kebutuhan. Implementasi sistem menggunakan framework PHP Codeigniter, MySQL, dan java android. Sistem diuji dengan 2 metode yaitu pengujian white box yang dilakukan pada 87 fungsi atau method keseluruhan, dan pengujian black box yang dilakukan pada 3 stories.Hasil dari penelitian ini adalah sistem pengelolaan pelanggan untuk  aplikasi POS Mikro. Sistem telah diuji dengan hasil 87 fungsi dan 3 stories berjalan dengan sesuai. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah dapat digunakan dengan baik. Kata kunci : UMKM, Pengelolaan, Pelanggan, POS Mikro.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JSTIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) ...