Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Vol 3, No 3 (2015): Oktober

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN BERBASIS MOBILE PADA SMK NASIONAL BERBAH YOGYAKARTA

Abdul Aziz Purnomo (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Eko Aribowo (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Metode pengajaran di kelas XI/TKJ SMK Nasional Berbah masih menggunakan cermah sehingga sulit dipahami dan membosankan terbukti dari 84% responden menyatakan bahwa metode ceramah masih sulit untuk dipahami. Terlihat juga bahwa belum diterapkannya pembelajaran topologi jaringan menggunakan multimedia, karena berdasarkan survey 92% responden menyatakan bahwa pelajaran topologi jaringan komputer lebih mudah menggunakan visualisasi multimedia. Hal tersebut akan terasa lebih mudah dan efisien jika media pembelajarannya menggunakan media  mobile application.Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Modified Waterfall diawali dengan tahap analisis definisi persyaratan yaitu analisis kebutuhan, merekayasa pengetahuan, perancangan sistem serta perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit. Setelah itu sampai pada tahap terakhir yaitu integrasi pengujian sistem menggunakan metode black box test dan alpha test.Hasil penelitian ini adalah multimedia pembelajaran topologi jaringan berbasis mobile. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem layak digunakan bagi siswa XI/TKJ SMK Nasional Berbah Yogyakarta dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan.Kata kunci : Jaringan Komputer, Multimedia, Mobile.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JSTIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) ...