Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Vol 1 No 2 (2016): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

Pengaruh Strategi Quantum Quotient Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan

Eny Fatimatuszuhro Pahlawati (Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2016

Abstract

ABSTRAKSI Yang menjadi permasalahan dalam penelitianmini adalah bagaimana penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran PAI, bagaimana prestasi bejalar siswa pada mata pelajaran PAI, adakah pengaruh strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistika. Dari hasil penelitian penerapan strategi Quantum Quotient menunjukkan predikat baik dengan angka 76,57. Adapun prestasi belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan dengan angka 7,31, yang berarti menunjukkan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh psikologis strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan prestasi bejalar Pendidikan Agama Islam pada siswa, berdasarkan hasil analisis data statistik “product moment” sebesar 0,70, maka antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang tinggi, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Strategi Quantum Quotient, Prestasi Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sumbula

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya – adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keagamaan, sosial dan budaya. ...