Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi
Vol 1 No 2 (2015): November 2015

Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-learning Di SMAN 3 Cimahi Menggunakan COBIT 4.1 pada Domain DS DAN ME

Yanti Hermawati P (Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia)
Ana Hadiana (STMIK LIKMI Bandung)
Taryana Suryana (Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

SMAN 3 Cimahi telah menggunakan sistem pembelajaran E-Learning website sekolah sejak tahun 2011 tetapi sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran kinerja pembelajaran E-Learning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui maturity level pembelajaran E-Learning dengan menggunakan COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technologies) pada domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate). Hasil penilaian tingkat kematangan/maturity level kondisi existing berada pada level rata-rata 2, sedangkan kondisi yang ingin dicapai rata-rata berada pada level 3. Untuk mencapai level yang diinginkan maka rekomendasi perbaikan yang mengacu kepada framework COBIT perlu diberikan diantaranya: pembuatan SOP (Standar Operasional dan Prosedur) E-Learning, melengkapi konten E-Learning, tertib administrasi pendokumentasian arsip-arsip penting, realisasi pelatihan E-Learning kepada guru-guru, pengalokasian pengeluaran biaya pemeliharaan dan pengujian sistem, penerapan reward dan punishment, pembuatan dan penggunaan kerangka kerja dan tata kelola E- Learning dan semuanya dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtk3ti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang diterbitkan berkala oleh Magister Sistem Informasi UNIKOM dua kali dalam setahun. Materi berisi keilmuan sistem informasi seperti: Manajemen Sistem Informasi, ERP, EAP, Kerangka Kerja TI, Tata Kelola TI, Manajemen Resiko, COBIT, Stakeholder Management, CRM, Change Management, IT ...