Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi
Vol 3 No 2 (2017): November 2017

Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Sebagai Alat Untuk Monitoring Jalannya Proses Bisnis

Sutiyono Sutiyono (Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia)
Didi Rosiyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2018

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan Jawa Barat merupakan instansi pemerintah/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Jawa Barat yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Seiring dengan berjalannya waktu, RSUD ini semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat sekitar, maka konsekuensinya semakin banyak dan kompleks pula data medik yang dimiliki dan harus diolah. Perkembangan data ini belum diimbangi dengan kemampuan teknologi pengolahan data yang ada di RSUD Al-Ihsan. Selain itu diperlukan juga tools yang dapat berfungsi sebagai monitoring jalannya proses bisnis yang dijalankan RSUD Al- Ihsan. Penerapan teknologi informasi yang cocok untuk memecahkan permasalahan ini adalah dengan membangun data warehouse. Data warehouse dibangun dengan menggunakan nine-step methodologi. Proses monitoring dan penyajian laporan untuk proses pengambilan keputusan dibangun dalam bentuk grafis dashboard dengan bantuan software Spago-BI. Teknologi data warehouse dapat menjawab permasalahan yang ada di RSUD Al-Ihsan Jawa Barat, dengan kemampuannya yang dirancang untuk memudahkan proses pembuatan laporan yang bersifat multi dimensi. Pengembangan laporan data warehouse dalam bentuk dashboard web aplikasi akan sangat membantu pihak RSUD Al-Ihsan Jawa Barat dalam melakukan proses monitoring sekaligus sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan unit-unit bisnis secara realtime tanpa terikat waktu dan tempat. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtk3ti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang diterbitkan berkala oleh Magister Sistem Informasi UNIKOM dua kali dalam setahun. Materi berisi keilmuan sistem informasi seperti: Manajemen Sistem Informasi, ERP, EAP, Kerangka Kerja TI, Tata Kelola TI, Manajemen Resiko, COBIT, Stakeholder Management, CRM, Change Management, IT ...