Miracle Journal Of Public Health (MJPH)
Vol 3 No 1 (2020): Miracle Journal of Public Health

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN EQUITY PADA UTILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ABELI

Sari Arie Lestari B (STIKES Mandala Waluya Kendari)
Ristanti (STIKES Mandala Waluya Kendari)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Dalam Quality Management System (QMS) aspek yang masih berada di bawah 80%, yaitu jam buka pelayanan, kecepatan antrian, keramahan dan perhatian petugas, prosedur pelayanan, dan. Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan Deskrtiptif dengan menggunakan metode Cross Sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.763 kepala keluarga, dan sampel penelitian sebanyak 98 responden, diambil dengan menggunakan tekhnik random sampling. Metode analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini pada uji chi square menunjukan nilai X2hitung 4,316 > X2tabel 3,841 pada pendapatan, X2hitung 17,393 > X2tabel 3,841 pada kepesertaan asuransi kesehatan, X2hitung 58,285 > X2tabel 3,841 pada pemanfaatan yankes, X2hitung 20,946 > X2tabel 3,841 pada aksesbilitas, dan X2hitung 16,493 > X2tabel 3,841 pada kebutuhan. Diharapkan pihak Puskesmas Abeli, agar lebih menjaga equity pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjph

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Miracle Journal of Public Health (MJPH) merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya dengan eISSN 2622-7762. Publikasi jurnal rutin dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan ...