PRISMA
Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020

Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Ana Setiani (Muhammadiyah Sukabumi University)
Hamidah Suryani Lukman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Suningsih Suningsih (SMA Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I  rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...