PRISMA
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION

Nurlaela, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X TIK 2 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TIK 2 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode Penelitian Tindakan Kelas sebagai sebuah inovasi pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan dengan memperlihatkan perkembangan pemahaman siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, siklus dimulai dari rencana (planning), kemudian tindakan (acting), dilanjutkan dengan observasi (observing), tindakan yang telah dilakukan dan diakhiri dengan refleksi (reflecting) untuk memperbaiki rencana penelitian pada siklus berikutnya. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Cirebon pada kelas X TIK 2 tahun pelajaran 2016/ 2017.  Jumlah siswa di kelas X TIK 2 adalah 35 orang siswa, yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti sendiri yang merupakan guru kelas dan 1 orang obsrever. Secara umum berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Team Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X TIK 2 SMKN 1 Cirebon.SMK

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...