PRISMA
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019

MODEL MMP BERBASIS SCAFFOLDING TERPADU EKSTRAKURIKULER PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GEOMETRI

Abidin, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2019

Abstract

Siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi geometri sehingga tingkat keberhasilan pada materi ini rendah. Untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran model MMP  berbasis scaffolding terpadu dengan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta pembelajaran yang efektif. Hasil pengembangan sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; Silabus dengan skor rata-rata 4,05 (sangat baik); RPP dengan skor 4,12 (sangat baik); LKS dengan skor 4,10 (sangat baik); Buku siswa dengan skor 3,97 (baik); dan tes KPM dengan skor 4,14 (sangat baik); (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: 1) Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik (skor 4,05), 2) Respon siswa positif mempunyai skor 84,31; (3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: 1) KPM mencapai ketuntasan; 2) Terdapat pengaruh positif karakter kemandirian dan keterampilan pemecahan masalah terhadap KPM; 3) Terdapat rata-rata KPM antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan 4) Terdapat peningkatan nilai KPM. Peneliti yang melakukan penelitian model  yang dipadukan dengan ekstrakurikuler (atau yang lainnya) harus mempersiapkan tugas secara lebih terarah, sehingga siswa lebih memahami bentuk tugas yang dimaksud.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...