PRISMA
Vol 8, No 1 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 1 tahun 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATION

Wulandari, Neneng Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP AL-Madina Cianjur, sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas VII  yang dipilih secara acak dari salah satu SMP di Cianjur dan terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematis Education sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen dalam penelitian ini adalah seperangkat soal tes kemampuan koneksi matematik yang terdiri dari lima soal tes uraian, data yang akan diolah dalam penelitian ini adalah skor pretes, postes, dan N-gain yang diolah menggunakan bantuan sofware SPSS 16 dan Minitab 16. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pencapaian kemampuan  koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, serta implementasi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education di lapangan sudah terlaksana. Kata kunci: Koneksi Matematik, Pendekatan Realistic Mathematis Education

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...