PRISMA
Vol 8, No 1 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 1 tahun 2019

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP

Septian, Ari (Unknown)
Komala, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini tentang penggunaan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra dalam pembelajaran matematika yang dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah sisw kelas IX-B SMP Negeri 1 Cianjur. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematik, angket, dan jurnal. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu tes siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswadari pembelajaran sebelumnya. Ketuntasan belajar secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar yang ideal, yaitu 86,8% dari jumlah siswayang telah mencapai ketuntasan belajar. Sementara motivasi belajar siswapada umumnya positif model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan pendekatan ini membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan dan siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika. Kata Kunci :    Model Problem-Based Learning (PBL), Sofware Geogebra, Kemampuan Koneksi Matematik, Motivasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...